7 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Spread the love

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Makin mendekati HPL, makin banyak pula hal-hal yang perlu Sahabat Sehat perhatikan agar proses persalinan nanti berjalan lancar dan bayi lahir dalam kondisi sehat. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi saat masuk usia kehamilan trimester ketiga, atau ketika menginjak 7 bulan, termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan. Sebaiknya dapat membeli keperluan atau kebutuhan sehari hari di supermarket sehat yang menyediakan berbagai produk lengkap untuk kebutuhan organik dan alami.

Saat kehamilan menginjak umur 7 bulan, perubahan fisik pada ibu hamil tentu akan semakin terlihat dan terasa. Contohnya nyeri ulu hati, rasa lelah, tangan dan kaki membengkak, dan sembelit. Untungnya, gejala-gejala tersebut bisa diantisipasi ataupun dikurangi efeknya dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu.

Mengapa? Karena ada beberapa jenis makanan yang memang bisa memperparah kondisi-kondisi tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan berikut ini, yuk!

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

  1. Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan: makanan berlemak dan pedas.

Meskipun rasanya enak, sebaiknya Sahabat Sesa puasa makanan berlemak dan pedas dulu begitu usia kehamilan bertambah tua demi kesehatan janin di dalam kandungan. Soalnya, kedua jenis makanan ini adalah pemicu utama dan paling umum gejala nyeri ulu hati, termasuk pada ibu hamil. Ditambah lagi, makanan berlemak dan pedas sulit dicerna dan berpotensi mengganggu jam tidur – padahal, ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup demi dirinya sendiri dan janin.

  1. Makanan bernatrium tinggi.

Makanan dengan kandungan natrium dalam jumlah yang tinggi juga perlu dihindari oleh ibu hamil, terutama saat usia kehamilan masuk trimester terakhir. Pasalnya, konsumsi natrium dalam jumlah yang tinggi bisa meningkatkan risiko gejala pembengkakan pada tangan dan kaki, serta memperparah kondisi tersebut. Untuk mengatasinya, Sahabat Sehat sebaiknya pilih makanan sehat bergizi seimbang dan perbanyak minum air putih secara teratur.

  1. Soda dan kafein.

Di samping makanan, ada juga minuman yang perlu dihindari ibu hamil 7 bulan, terutama minuman soda dan minuman berkafein. Di dalam soda, sebenarnya tidak ada kandungan nutrisi apapun yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin – justru soda punya kandungan gula yang terlalu tinggi dan malah bisa meningkatkan risiko diabetes pada ibu hamil. Sedangkan minuman berkafein bisa memperparah sembelit saat kehamilan, terutama di usia kehamilan 7 bulan.

  1. Junk food.

Makanan junk food seperti pizza, fried chicken, dan burger juga masuk ke dalam kategori makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, lho! Seperti yang ditunjukkan namanya, junk food tidak mengandung nutrisi yang bermanfaat (junk = sampah). Jumlah kalorinya juga terlalu tinggi, termasuk jumlah garam atau sodium. Sebagai alternatif, Sahabat Sehat bisa pilih makanan organik seperti salad buah organik, atau sandwich dengan sayur organik.

  1. Minuman berkafein

Serupa dengan soda dan minuman berkafein, alkohol juga perlu dijauhi oleh ibu hamil 7 bulan. Pasalnya, alkohol bisa mengganggu proses perkembangan janin selama di dalam kandungan. Tak hanya itu saja, alkohol juga bisa menghambat proses persalinan kelak, lho!

  1. Daging mentah.

Buat Sahabat Sehat yang hobi makan sushi, Sahabat Sehat perlu menahan diri selama kehamilan, terutama di trimester terakhir. Soalnya, daging mentah mengandung virus, bakteri, dan parasit yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil. Contohnya bakteri Listeria, yang bisa menyerang janin dan mengakibatkan kematian bayi. Oleh karena itu, daging yang dimasak matang jauh lebih direkomendasikan bagi ibu hamil.

  1. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi.

Sebenarnya, ikan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang direkomendasikan bagi ibu hamil. Akan tetapi, lain cerita untuk ikan mentah maupun beberapa jenis ikan tertentu, terutama ikan yang punya kandungan merkuri tinggi. Contohnya ikan marlin, ikan hiu, dan ikan swordfish (todak).

Itu tadi rangkuman 7 jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan yang perlu Sahabat Sehat jauhi demi kesehatan diri dan janin. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan bahan-bahan yang bisa Sahabat Sehat pesan melalui aplikasi sesa.id. Download aplikasinya di Playstore dan App Store.